Friday, January 21, 2011

banyak jalan mencari rupiah..

Pagi - pagi pas berangkat ke kantor biasanya saya cuek dengan beberapa hal di jalan, ato di pinggir jalan. Tapi hari rabu kemaren saya sedikit ,memperhatikan beberapa hal salah satunya adalah penjual koran, mereke ( para penjual koran ) yang kebanyakan berjualan di lampu merah bervariasi dalam menawarkan 'jajanannya'  ( koran-red)
  •  Berteriak : ' koran - koran '......'koran - koran'......dst..
menurutku menjual dengan cara ini biasa saja, toh orang yang lewat atau yang berhenti di lampu merah tau kalo dia itu jualan koran, gak mungkin kan pembeli bilang : " bang beli baksonya bang...";p, dan setelah orang membeli koran yang mereka jajakan pasti akan bertanya lagi : " berapa bang? ".....jadi, orang yang membeli harus mempersiapkan uang yang kemungkinan tidak pas. misalkan harga Rp. 1.000 kalo uangnya ternyata Rp 2.000an maka harus menunggu kembalian dan itu butuh waktu untuk mencari kembalian...belom lagi kalo lampu sudah menyala ijo..bisa bisa di klakson dari belakang dengan kerasnya...( itu kalo pas di pagi hari...karena umumnya orang baca koran di pagi hari )
  •    Diem aja sambil menjajakan keliling
berdagang koran dengan cara ini sebenarnya cukup menghemat tenaga, maklum mereka jualan koran kan dari pagi ( maksudnya pagi hari mereka harus sudah mengambil koran untuk kemudaia di jajakan, ya kalo udah sarapan di pagi hari, kalo belum kan masih laper...apalagi suruh teriak teriak di keramaian jalan raya...lemes dah...makanya, orang yang berdagang koran dengan cara seperti ini bisanya sudah membawa daftar harga yang diletakkan di depan dagangannya sambil mengelilingi para pengguna jalan yang sedang menunggu di lampu merah. jadi yang beli juga dah tau kalo harga tu koran segini atau segitu..tinggal bilang aja : " bang koran bang ...". pasti tu mas - mas yang jualan sudah langsung ngacir menghampirinya..dan kita bisa langsung membayarnya dengan uang yang sudah kita persiapkan.
  •  Teriak harga : " seribu...seribu.......seribu..seribu..."
cara ini lumayan unik, karna orang akan penasaran dengan suara yang kenceng dari yang jualan koran, ditambah suara bising kendaraan,...pas yang jualan kliatan baru sadar : "...ooo koran to.." kirain mobil seharga seribu...:p. jadi kalo kita mo beli korannya kita langsung bisa mempersiapkan diri dengan uang seribuan dan melambaikan tangan bak putri indonesia ke arah yang jualan, dan mereka akan dengan senang hati menghampiri kita.

 

ini yang dibahas yang perorangan ya, bukan pake kios dan sebagainya...kalo itu kan emang udah ada di kios tinggal nunggu pasien dateng, kalo ada yang beli ya baru nglayani kalopun belom ada yang beli yang ditinggal melakukan hal - hal lain mungkin. gambar tu kayaknya saya kenal dijalan mana..hehe,,,

kalo yang seperti ini rasanya saya kok kurang setuju ya.....


dengan alasan apapun sebenarnya mereka itu kan masih anak usia sekolah, yang seharusnya mendapatkan pendidikan ...atau mereka jualan seusai sekolah????atau malah mereka tak sekolah karena takut???..coba baca headline koran yang dibawa anak2 tersebut...


2 comments: